Jumat, Januari 24, 2014

Memeriksa Tutup Bahan Bakar Mobil Anda 

http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/07/memeriksa-tutup-bahan-bakar-mobil-anda.html

Memeriksa Tutup Bahan Bakar Mobil Anda


Coba ketika Anda waktu mengisi Bahan Bakar di SPBU, Cobalah iseng-iseng anda cermati dan perhatikan waktu anda membuka tutup bensin / solar kendaraan anda
Bila waktu anda membuka tutup bahan bakar lalu terdengar desis/ suara angin, Itu berarti terjadi kevakuman pada mobil anda? 
Bila terjadi Kevakuman di tangki bahan bakar itu berarti saluran Nafas Pada tutup bahan bakar anda terganggu, Bila terganggu maka akan terjadi hal sebagai berikut:

  • Bila kendaraan anda adalah tipe mobil bermesin bensin maka Rotax ( Pompa Bahan Bakar) akan bekerja ekstra keras, karena selain menyedot bahan bakar Rotax akan bekerja ganda yaitu harus melawan gaya vakum pada tangki bahan bakar anda. bila hal ini terjadi tentunya akan merupakan kerugian tersendiri bukan. 
  • Sedangkan Pada mesin Diesel hal ini akan memberatkan kerja Injection Pump atau Unit Commonrail dalam menyedot bahan bakar dari tangki, Tentunya hal ini sedikit banyak akan mempengaruhi performa mobil anda.

Lalu bagaimana Solusinya? 

Contoh tutup tangki BBM
Contoh tutup Tangki BBM
1. Ketika sampai dirumah kembali coba anda buka tutup tangki bahan bakar untuk memeriksanya. Coba anda amati konstruksi dari tutup bahan bakar, karena tiap mobil memiliki konstruksi sendiri-sendiri dan berbeda.
2. Coba anda amati dengan seksama, kadang kala terjadi sumbatan sumbatan kotoran pada tutup tersebut, bila hanya itu terjadi anda bisa membersihkannya dengan meniup pakai udara bertekanan/ Kompresor, atau anda bisa membersihkannya dengan muas memakai Bensin, agar kotoran tersebut hilang.
3. Bila ternyata tutup tangki tidak kotor tapi terjadi kevakuman, anda dapat memperbesar lubang-lubang hawa yang terdapat pada tutup tangki tersebut, anda bisa menggunakan gunting yang ujungnya lancip atau memakai bantuan alat semisal jarum yang agak besar ( Jarum Karung dan lain lain). Lalu pastikan lubang tersebut terkoneksi dengan sisi bagian luar dari tutup Tangki ( kalau pada gambar lubang pada tengah tutup tangki akan tersalurkan ke bagian sisi terluar setelah karet penutup)
4. Pada gambar disamping hanya sekedar contoh, karena bentuk tutup tangki bahan bakar sangat berbeda dan bervariasi, Anda dapat berimprovisasi setelah melihat kondisi dari tutup tangki tersebut. Pada intinya membuat lega saluran dapas dari dalam tangki menuju udara bebas diluar. 
5. Setelah semua selesai anda tinggal memasang kembali tutup bahan bakar tersebut dan jangan lupa ketika akan mengisi Bahan Bakar kembali coba dengarkan bunyi waktu tutup tangki dibuka, bila tak dengar suara, berarti problem tangki Bahan bakar vakum sudah terselesaikan.

Tidak ada komentar: