Senin, Januari 20, 2014

Serba Serbi Mesin Diesel ( Diesel Engine ) 

(http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/serba-serbi-diesel-beberapa-alasan.html)

Serba-Serbi Diesel

Rudolf Christian Karl Diesel

Rudolf Christian Karl Diesel

Adalah sangat mengesankan jika kita mengamati perkembangan mobil yang tidak seperti sebelumnya, Dalam beberapa tahun terakhir ini kita melihat kemajuan begitu pesatnya, sebuah perkembangan yang begitu menakjubkan. Pada saat ini adalah sangat normal bila kita mengendarai sebuah mobil melaju dengan kecepatan diatas 200km jam pada sebuah jalan bebas hambatan, 
Pada Tahun 1896, Waktu pertama kali Diesel diciptakan oleh Rudolf Christian Karl Diesel, Mesin ini hanyalah sebuah benda Statis berukuran Besar dan Berat dan harus bersaing dengan mesin Uap. Diabad Milenium ini Mesin Diesel dikembangkan dengan sangat ekonomis oleh perusahaan MAN (ingat kan sering kita menjumpai ada Truck berlogo MAN). Turbin Turbin bertenaga Uap Pada Kapal juga telah bergeser oleh mesin diesel. dan DIESEL pun telah MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK MENGEBRAK DOMINASI MESIN BENSIN PADA PENGUNAAN MOBIL PRIBADI.
Semua Produsen Mobil khususnya mobil Eropa telah menaruh kepercayaan kepada diesel, karena mesin ini menawarkan spektrum yang sangat luas, mulai dari mesin 800 cc dari mesin 3 silinder sampai mesin V-12 6000 cc pada Audi Q-7 (dari grup VW) dan dengan ditemukannya Injeksi Piezzo (commonrail generasi ke-3) yang bisa memompa tekanan pengabutan lebih dari 2000bar pada sistem diesel Common rail, semakin membuat Mesin Bensin pun terasa begitu Kuno dan Memudar pamornya. Kombinasi dari Torsi Maksimum Mesin yang besar, Pemakaian Bahan Bakar yang Efisien, dan Mesin yang lebih Ramah Lingkungan Pada Diesel Semakin memangsa porsi dari kendaraan mesin Bensin. Bagaimanakah dengan Anda? Masihkah DIESEL PHOBIA?

Beberapa alasan teknis mengapa efisiensi mesin Diesel Jauh meninggalkan mesin Bensin 

Mesin Diesel Audi Q8 V-12
Mesin Diesel Audi Q8 V-12
1.  Kompresi = mesin bensin modern pun paling bekerja pada kompresi 1:7 sampai 1:13 ... (jarang sekali mobil bensin sampai 1:13 perbandingan kompresinya ( dibutuhkan oktan bahan bakar diatas 100 Ron ) sementara diesel bekerja dengan besar kompresi dari 1:14 sampai 1:24.
Dengan kompresi tinggi maka efisiensi pasti lebih tinggi.



2. Karakter mesin diesel dengan Torsi maksimal di sekitaran 2000 rpm dan tenaga maksimal hanya diputaran 4000an rpm, karena putaran kerja mesin rendah tentu juga konsumsi bahan bakar lebih sedikit, karena kerugian gesek dan lain lainnya juga lebih sedikit. 


3. Solar memiliki kandungan energi yang lebih banyak dari pada Premium. solar meliliki kandungan energi sekitar 135000 BTU pergalonnya sedang Premium hanya sekitar 120000 BTU. Kandungan energi lebih besar tentu energinya juga akan lebih besar


4. Dalam kondisi idle perbandingan solar dengan udara pada diesel bisa mencapai 1:60 ( bandingkan dengan mesin bensin yang harus di angka AFR 1:14,  tentu nya di kondisi macet seperti kota Jakarta tentu Diesel akan lebih efisien


5. Mesin bensin butuh perbandingan udara dan bensin yang tepat (AFR), sedang pada mesin diesel pengaturan tenaga di tentukan oleh semprotan solar, Jadi udara yang masuk bisa di bikin sebanyak mungkin, Sehingga efek engine pumping lost akan lebih sedikit di mesin diesel sehingga jelas lebih efisien



Pabrik Mesin Diesel Terbesar

Isuzu Motors Ltd. merupakan sebuah perusahaan otomotif Jepang yang memproduksi berbagai macam kendaraan bermesin diesel. Isuzu kebanyakan memproduksi kendaraan komersial dan truk berat. Perusahaan ini berpusat di Tokyo, didirikan pada tahun 1937. Tahun 2005, Isuzu menjadi produsen truk medium dan truk besar yang terbesar di dunia. Perusahaan ini mempunyai pabrik di Fujisawa, prefektur Tochigi dan Hokkaido.

isuzu
Isuzu motors ltd
Perusahaan ini terkenal dengan mesin dieselnya, dengan memproduksi 16 juta mesin dieseln tahun 2003, dan bisa ditemukan di seluruh dunia.
Perusahaan ini mempekerjakan 7.371 pekerjanya pada tahun 2007.

Tidak ada komentar: